Jumat, 22 Mei 2015

Perbedaan Beras Asli Dan Beras Dari Plastik

Jika memang benar ada beras dari plastik maka membedakannya gampang sekali. Plastik tidak akan tenggelam di air, karena kerat jenisnya lebih rendahdari air, jadi ketika kita merendam beras dalam air sebelum memasak " beras plastik" ini akan tetap mengambang meskipun kita tekan kebawah.
4.Ada lagi teori bahwa " Beras plastik" dibuat dari kentang atau umbi yang dilapisi plastik.
Maaf saya kurang percaya. Karena Kentang lebih mahal dari beras, tidak mungkin mengoplos dengan bahan yang lebih mahal. Selanjutnya bagai mana memotong kentang menjadi kecil - kecil, dan yang paling logis titik leleh plastik yang paling umum : PE ( Polietilen ) adalah 115oC, PP ( Polipropilen ) adalah 130oC, dan PET yang digunakan untuk botol plastik ). Sementara untuk melakukan pelapisan( coating ), plastiknya harus dicairkan dulu baru bisa melapisi umbi atau kentang. semua titik leleh plastik diatas 100oC, berarti umbi atau kentang akan gosong sebelum dilapisi dengan plastik. Dan Kalau bisa seharusnya mahal untuk proses tersebut.
5.  Bagai mana cara menguji beras plastik dan beras asli?Cara mengujinya bisa dengan 2 cara : pertama, dengan memotong beras dan melihat penampangnya dibawah mikroskop, untuk melihat apakan ada serat umbu dan kulit plastiknya, yang kedua; dilakukan pengujian amilum dengan Yodium. Amilum adalah jenis kanji yang terdapat pada beras asli, yang jika ditetesi yodium  akan memberi warna ungu, Kalau ditetesi tidak berwarna ungu berarti bukan beras asli.

Tadak salah kita harus selalu waspada, Dan alangkah baiknya seluruh jurusan kimia mulai melakukan riset ini dan sampai ada bukti ilmiah bahwa beras memang benar- benar palsu, dan untuk para jurnalis mari be resourceful! kita bisa melihat BBCPanorama sebagai contoh ketika menginvestigasi sebuah topik. Dan terakhir, dan jika ada yang diluar sana yang berhasil membuat beras tiruan, Anda harus siap - siap menjadi kongkomerat. Ditahun 2010, seniman kontemporer China, Ai Weiwei, menggemparkan dunia dengan memamerkan karya terbarunya berjudul  " Sunflower Seeds " di Tate' Modern Turbine Hall, London, karya ini berupa 100.000.000 butir" Kuaci Palsu"dari keramik yang dibuat dengan mengerahkan1600 seniman dari Jingdezhen, China, untuk membuat, memanggang, dan melukis kuaci ini satu persatu. Dilelang Sothebytahun 2009, atau Rp.71.610,- sesuai kurs Google hari ini. Bayangkan, 100juta biji berarti bernilai Rp7trilyun rupiah.Kalau anda menjual beras plastik ini ke Tate Modern Musium di London, siapa tau bisa laku segitu...?

Sumber :

  1. aiweiweiseeds.com
  2. theguardian.com
  3. wikipedia.ogr
  4. dan sumber sumber  yang lainnya

5 komentar:

  1. kalau saya gak perlu risau sob, beras di desa ane terjamin, bapak gue aja petani

    BalasHapus
  2. @muhammad Ardi : kamu enak, saya tinggal di kota yang mungkin udh tercemar beras plastik.

    @infopuskesmas : Terimakasih infonya ya gan, saya akan melakukan uji coba nih. :D

    salam dari blog Kangbar - Muhammad Akbar

    BalasHapus
  3. Harus punya tanaman padi sendiri n mengolahnya sendiri ya gan, biar aman, aduuhh :/ :D

    BalasHapus
  4. thanks inpoh, jadi bsa mbedain nih :D

    BalasHapus
  5. wahh .. akhirnya bisa tau perbedaannya, bermanfaat bagi yang belum tau (y) joss

    BalasHapus