Selasa, 26 Mei 2015

Mengapa Tekanan Darah Dapat Menjadi Tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi telah menjadi penyakit yang umum bagi banyak orang saat ini.Apalagi mereka yang tinggal didaerah perkotaan. Pengabaikan kondisi ini tidak bisa dianggap ringan. Ia dapat menjadi salah satu faktor penyebab Stroke, serangan jantung dan juga gagal ginjal. Akibat terburuk dari penyakit ini adalah kematian. Karena itu, jika bisa, penyakit ini harus dicegah. Jika kita memiliki tekanan darah yang tinggi, kita dapat mengendalikan penyakit ini. Bagaimana Cara Mencegah Dan Mengendalikan Tekadan Darah Tinggi..?
Berikut ini penggolongan Tekanan darah berdasarkan angka hasil pengukuran dengan tensimeter untuk tekanan sistolik dan diastolik ; Tekanan darah normal Sistolik ( angka pertama ) dibawah atau sama dengan 140 Diastolik dibawah 90,  Tekanan darah Hipertensi ; Sistolik lebih dari 140 diastolik lebih dari 90.
Ada beberapa faktor penebab tekanan darah tinggi yang tidak dapat kita kendalikan. namun ada juga yang dapat kita kendalikan sehingga bisa mengatasi penyakit darah tinggi
Beberapa Faktor tersebut antara lain ;

  • KETURUNAN. Faktor ini tidak bisa kita kendalikan. Jika seseorang memiliki orang tua atau saudara yang memiliki tekanan darah tinggi, maka ia kemungkinan menderita tekanan darah tinggi lebih besar. Statistik menunjukkan bahwa masalah tekanan darah tinggi lebih tinggi pada kembar identik dari pada yang kembar tidak identik. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa ada bukti gen yang diturunkan untuk masalah tekanan darah tinggi.
  •  USIA. Faktor ini tidak bisa kita kendalikan. Penelitian menunjukkan bahwa seraya usia seseorang bertambah, tekanan darahpun akan meningkat. kita tidak bisa mengharapkan bahwa tekanan darah kita saat muda akan sama ketika kita tambah tua. Namun kita dapat mengendalikan agar jangan melewatibatas atas yang normal.
  • GARAM. Faktor ini bisa kita kendalikan. Garam dapat meningkatkan tekanan darah dengan cepat pada beberapa orang. khususnya bagi penderita diabetes mellitus, penderita hipertensi ringan, orang dengan usia tua, dan mereka yang berkulit hitam.
  • KOLESTEROL. Faktor ini bisa kita kendalikan. Kandungan lemak tyang berlebih dalam darah kita, dapat menyebabkan timbunan kolesterol pada dinding pembuluh darah. Hal ini dapat membuat pembuluh darah menyempit dan akibatnya tekanan darah akan meningkat.Kendalikan kolesterol sedini mungkin.
  • OBESITAS/ KEGEMUKAN. Faktor ini bisa kita kendalikan. Orang yang memiliki berat badan diatas 30% berat badan ideal, memiliki kemungkinan lebih besar menderita tekanan darah tinggi.
  • STRES. Faktor ini bisa kita kendalikan. Stres dan kondisi emosi yang tidak stabil juga dapat memicutekanan darah tinggi
  • ROKOK. Faktor ini bisa kita kendalikan. Merokok juga dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi tinggi. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan teriko diabetes, serangan jantung dan stroke. Karena itu kebiasaan yang terus dilanjutkan ketika memiliki tekanan darah tinggi, merupakan kombinasi yang sangat berbahayayang akan memicu penyakit- penyakit yang berkaitan dengan jantung darah.
  • KAFEIN. Faktor ini bisa kita kendikan. Kafein yang terdapat pada kopi, teh maupun minuman cola bisa meningkatkan tekanan darah tinggi.
  • ALKOHOL. Faktor ini bisa kita kendalikan Konsumsi alkohol secara berlebihan juga menyebabkan tekanan darah tinggi.
  • KURANG OLAH RAGA. Faktor ini bisa kita kendalikan. Kurang olah raga dan bergerak bisa menyebabkan tekanan darah dalam tubuh meningkat. Olahraga teratur  mampui menurunkan tekanan darah tinggi kita namun jangan melakukan olah raga yang berat.jika kita menderita tekanan darah tinggi.  
Berikut Ini Tips Mencegah Darah Tinggi

5 komentar:

  1. thanks infonya, jadi nambah wawasan soal kesehatan

    BalasHapus
  2. Wah ini tekanan darah tinggi banyak juga penyebabnya ya, apalagi emang kolesterol tinggi sama garam

    BalasHapus
  3. ohh jadi gitu ya penyebabnya..oke thanks gan...

    BalasHapus
  4. eyang kakong saya tuh hipertensi, kalau pas hipertensi mendadak gitu dan sepertinya karena kelelahan. tp kok kelelahan tidak termasuk ke dalam faktor penyebab hipertensi ya? atau mungkin praduga saya keliru hhehehe

    BalasHapus